Senin, 05 September 2011

Persiapan Wawancara Kerja

Praktek Kerja Lapangan Atau Kerja Yang Pertama Kali

Setiap siswa, mahasiswa atau pelamar kerja yang baru pertama kali datang ke suatu Perusahaan untuk melaksanakan tugas praktek lapangan dari institusi Perguruan Tinggi, atau ada panggilan wawancara kerja yang pertama kali, tentu ada sedikit berdebar dihati kalau kurang ada persiapan.

Dibawah ini kami coba tuliskan pengalaman pribadi sebagai orang yang diwawancarai maupun sebagai petugas pewawancara. Semoga dapat sedikit membantu dan bermanfaat. Kepada para blogger senior yang mempunyai pengalaman lebih baik, tolong ditambahkan pada tulisan ini agar bisa lebih bermanfaat bagi orang banyak. Berbagi tidak pernah merugi.
I. Sikap

1. Gunakan pakaian yang netral, bersih dan rapi. Kalau ada, atasan yang berwarna putih.

2. Sebelum masuk keruang wawancara, ketuk pintu dulu dan ucapkan salam secara nasional. Selamat pagi   
atau siang.

3. Didepan meja petugas jangan langsung duduk. Tunggu dipersilahakan duduk dulu. Baru duduk dengan 
sikap sempurna. Jangan menarik kursi hingga berderit. Usahakan ditarik sambil diangkat sedikit. Jangan 
meletakkan tangan diatas meja.

4. Beri jawaban yang tegas, jelas dan sopan. Ucapan perkalimat harus mudah dimengerti oleh Petugas  
   Pewawancara. Jangan seolah-olah bergumam sendiri. Usahakan intonasi bahasa yang datar jangan meninggi 
   atau seolah-olah menyanggah penanya.

5. Pandang lurus mata petugas selama mendengarkan pertanyaan atau selama memberikan jawaban. Jangan 
berbicara sambil mengalihkan pandangan kearah yang lain. Misal melihat gambar atau dekorasi ruangan. 
Harus selalu fokus ke mata penanya.

6. Setelah wawancara selesai, kembalikan kursi dengan menyorongkan kursi kedepan dengan sedikit 
diangkat.

7. Ucapkan terima kasih dan salam nasional.
II. Pengetahuan

1. Berikan jawaban yang konsisten dari awal sampai akhir wawancara. Jangan terpancing dengan pertanyaan yang menjebak.

2. Persiapkan setiap jawaban mempunyai referensi yang valid. Jangan ngarang atau berasumsi. Kecuali kalau memang diminta untuk memberikan pendapat. Berikan pendapat yang logis dan membumi. Jangan berlebihan.

3. Kalau ada pertanyaan yang menjurus ke sara, berikan jawaban yang umum saja. Jangan memberikan jawaban yang spesifik. Kalau tidak berani menjawab, minta maaf karena belum mempelajarinya secara khusus.

4. Tujuan datang mengikuti wawancara ke Perusahaan, bagi Pelajar atau Mahasiswa, adalah untuk mengembangkan ilmu akademisi, menambah pengalaman praktek dan untuk memenuhi syarat kelulusan yang ditetapkan oleh pihak sekolah atau campus. Sedangkan bagi calon Karyawan, untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan pengalaman dari sekolah, mengisi lowongan kerja yang diperlukan Perusahaan dan meniti karier jabatan sesuai dengan profesi keilmuan.

5. Jawaban tentang pengetahuan, lebih baik kalau fokus ke pertanyaan. Jangan melebar kebidang yang lain. Walaupun masih berkaitan. Kecuali diminta untuk memberikan jawaban yang lebih.

6. Pertanyaan lain yang santai diluar kontek, tetap berikan jawaban yang formal dan sopan. Tunjukkan bahwa sikap profesional harus selalu dijaga.
III. Ketrampilan

1. Kerjakan tugas praktek dengan tenang baik dari sisi keilmuan maupun kemampuan software computer sesuai dengan yang dipertanyakan. Jangan tergesa-gesa sesuaikan saja dengan batasan waktu yang telah diberikan.

2. Apabila ada sedikit kekurangan didalam ruang praktek, pertanyakan kelengkapan alat, bahan dan software yang diperlukan sebelum praktek dimulai. Apabila setelah diamati sudah lengkap, jangan dipertanyakan.

3. Setelah praktek, usahakan tempat atau ruangan yang telah dipakai, kembali dalam keadaan bersih dan rapi.

4. Apabila didalam praktek tsb, perlu mengolah data dicomputer, jangan lupa hasil kerjanya disafe dan filenya diberi nama yang jelas.

Setelah menerima kepastian tanggal wawancara, sebaiknya disurvey dulu alamat Perusahaan ybs sebelum hari H wawancara. Kalau naik motor atau mobil pribadi sebaiknya dihitung waktu tempuhnya sejak dari rumah. Kalau naik angkutan umum berapa kali pindah angkutan dan routenya. Apa hambatannya dijalan. Selain kendala macet apalagi hambatannya. Sehingga ketika datang untuk wawancara bisa datang lebih awal atau tidak sampai terlambat.

Calon Karyawan atau calon Pekerja Praktek Lapangan yang terlambat datang ke Perusahaan ketika dipanggil wawancara adalah merupakan catatan buruk bagi Perusahaan. Karena ada kesan tidak serius, tidak disiplin dan tidak mengerti manajemen waktu. Kalau ada hasil nilai wawancara yang sama baiknya, maka Perusahaan tentu akan memilih calon Karyawan yang datang lebih awal atau yang datang tepat waktu.

Jika ada waktu yang agak senggang, ketika sudah menemukan alamat Peruhaan dimaksud, usahakan melakukan pengamatan situasi Perusahaan dan penampilan para Karyawannya. Sehingga ketika wawancara bisa memberikan jawaban yang mendekati kondisi Perusahaan setempat. Ada baiknya sebelum hari wawancara yang putri datang kesalon untuk merapikan penampilan sedangkan yang pria cukup merapikan rambut saja. Kompetiter anda tentu juga melakukan hal yang sama. Tapi kalau anda tidak melakukan persiapan apa-apa, bisa jadi nilai wawancara anda kalah unggul dengan yang lain. Jangan lupa berdo’a dan menenangkan pikiran sebelum masuk keruang Pewawancara. Semoga bisa membantu.

Silahkan memberikan komentar, kritik, saran atau tambahan. Minimal tinggalkan komentar dibawah ini agar bisa lebih bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Terima kasih.

* Bila ingin belajar cara membuat tepung mocaf sendiri, KLIK DISINI.

*Link paket usaha menjanjikan, klik disini

* Baca Profilku  klik disini

0 komentar:

Poskan Komentar